Home » , » Cara Memilih Burung Kacer yang Baik

Cara Memilih Burung Kacer yang Baik

Written By Admin on Tuesday 24 December 2013 | 20:17

Cara Memilih Burung Kacer yang Baik

Cara memilih dan merawat burung kacer harus dilakukan dengan baik dan teliti agar kita mendapatkan burung yang berkualitas. Berikut beberapa informasi mengenai burung kacer bagi anda yang penggemar burung kicauan.

Jenis Burung Kacer

Burung kacer yang banyak beredar di pasaran pada mempunyai 3 jenis. Yaitu burung Kacer Poci Atau Kacer Sumatra, Kacer Lokal Atau Kacer Jawa dan Kacer Madagaskar. Perbedaan ketiga burung ini adalah terletak pada warna dominan pada bulunya.

1. Kacer Lokal atau Kacer Jawa
Kacer Lokal atau Kacer Jawa mempunyai warna yang dominan hitam pada bulu. Hampir Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.

2. Kacer Madagaskar (Copsychus albospecularis)
Kacer Madagaskar terdiri dari dari 3 subspecies, yakni pica, albospecularis dan inexpectatus. Seluruh Kacer Madagaskar ini tersebar di wilayah Madagascar Afrika. Warna burung kacer madagaskar adalah hampir sama dengan kacer sumatra namun bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tidak kalah dari jenis kacer yang lainnya.

3. Kacer Sumatera atau Kacer Poci 
Kacer Sumatera atau Kacer Poci mempunyai warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung dan bagian luar ekor. Sedangkan warna putih berada pada dada, perut dan ekor bagian dalam. Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Untuk jenis ini memiliki suara yang keras, nyaring dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil membuka ekor serta mengeluarkan suara kicauan yang merdu. Burung ini sangat menyukai udara panas.

Cara Memilih Burung Kacer

Cara memilih bakalan burung kacer yang baik adalah burung dengan jenis kelamin jantan. Yaitu dengan ciri memiliki warna hitam yang kuat dan mengkilap. Sedangkan pada jenis betina warna hitamnya sedikit keabu-abuan. Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih burung dengan paruh bengkok. Dan pilih posisi lubang hidung yang sedekat mungkin dengan posisi mata. Untuk bentuk kepala yang baik adalah berbentuk kotak dengan mata bulat besar dan melotot. Postur badan, pilihlah bakalan burung kacer yang berpostur sedang dengan leher panjang, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Share this article :

2 comments:

  1. Pengganti jangkrik, ulat dan serangga hidup untuk extra fooding burung kacer yang baik.

    Extra Fooding Pengganti Serangga Hidup untuk burung kacer yang baik

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk burung kacer kesayangan anda

    ReplyDelete

Translate

Powered by Blogger.
 
Support : Perawatan Kacer
perawatan kacer, jenis kelamin kacer, burung kacer gacor, makanan kacer, mastering kacer, tips kacer